Yuk Berwisata Ke Gedung Juang 45 di Bekasi

Bangsa yang mulia adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Bagaimana dengan anda? Bila anda ingin tahu lebih dekat dengan sejarah perjuangan masyarakat Bekasi dan sekitarnya, maka anda harus mampir ke Gedung Juang 45 yang berlokasi di kecamatan Tambun Seatan, Kabupaten Bekasi. Di jaman penjajahan gedung ini bernama Landuis Tamboen atau gedung tinggi dan dimiliki oleh keluarga Khouw Van Tamboen sebagai pusat tanah partikelir.

Gedung juang 45

Dahulu ketika jepang baru saja dikalahkan oleh sekutu di tahun 1945, gedung ini sempat dijadikan basis pertahanan dan pusat pergerakan para pejuang untuk mempertahankan Indonesia dari campur tangan pihak sekutu yang membonceng belanda untuk mengambil alih Indonesia. Selain itu, gedung ini juga sempat difungsikan sebagai kantor kabupaten jatinegara.

Ceritanya, di tahun 1947 Belanda melakukan agresi militernya yang pertama dan itu merupakan pelanggaran terhadap perjanjian Linggar Jati yang mereka tanda tangani sendiri bersama Indonesia. Dalam sekejap mata, Gedung Juang 45 ini dikuasai pula oleh Belanda hingga sekitar tahun 1949 dan akhirnya berhasil direbut kembali oleh pejuang Indonesia di tahun 1950. Setelah berhasil dikuasai oleh pihak Indonesia, Gedung Juang 45 kembali difungsikan sebagai kantor pemerintahan oleh beberapa jawatan administrasi. Sebagai contoh Dinas Pekerjaan Umum telah menempati gedung ini sejak tahun 1950 dan dilanjutkan oleh jawatan yang lain hingga tahun 1982 berakhir.

Tercatat di tahun 1950 gedung ini juga pernah dijadikan kantor oleh Batalyon Kian Santang, dari TNI AD. DPR juga pernah berkantor di sini sampai tahun 1960 antara lain DPRD Tk. II Bekasi dan DPRD-GR. Dan di tahun 1962 Gedung Juang 45 dijadikan sebagai tempat untuk menahan simpatisan PKI.

Bupati Bekasi yang bernama Abdul Fatah yang seorang Budayawan ulung juga tercatat pernah menggunakan gedung ini sebagai Akademi Pembangunan Desa (APD) di tahun 1973. Pokoknya banyak sekali sejarah gedung ini dan dengan berkunjung ke tempat ini anda akan mengenang berbagai kisah heroic yang dulu mewarnai perih getirnya perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Jika anda ingin berkunjung ke gedung ini, silakan datang ke Jl. Sultan Hasanudin, Tambun Sel., Bekasi, Jawa Barat 17510.