Sehatkan Ginjal dengan Membiasakan 4 hal Ini

sehatkan ginjal

Darah anda mengandung racun dari sisa metabolisme tubuh, tapi akan kembali dimurnikan dalam tubuh oleh ginjal untuk sehatkan ginjal. Itulah fungsi ginjal yang erat kaitannya dengan detoksifikasi darah. Di ginjal semua limbah dalam darah akan disaring dan kotoran akan terbuang bersama urin. Fungsi lainnya dari ginjal adalah untuk mengurangi air berlebih keluar dari tubuh. Ginjal juga berperan menjaga keseimbangan jumlah cairan tubuh ketika lebih banyak air dibutuhkan tubuh.

Jangan  biarkan sesuatu terjadi pada ginjal anda, jika sesuatu menimpa ginjal anda maka semua fungsi di atas tidak bisa berjalan sebagaimana seharusnya. Oleh sebab itu sehatkan ginjal dengan tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat ginjal terganggu fungsinya. Hindarilah hal-hal berikut ini :

  1. Jangan menahan kencing terlalu lama karena bisa memicu kerusakan ginjal. Bila anda sering menahan kencing maka hal ini membuat bakteri berkembang di dalam urin. Jika hal ini terjadi maka bisa mengakibatkan infeksi pada ginjal dan saluran kemih. Di luar itu semua, Manahan kencing terlalu lama beresiko member tambahan tekanan pada ginjal sehingga berakibat ginjal mengalami kerusakan.
  2. Menurut sebuah studi ilmiah, seorang yang berumur 25 hingga 55 tahun diharuskan minum air putih paling tidak 10 hingga 12 gelas per hari agar cairan tubuhnya stabil, fungsi ginjal berjalan dengan baik dan tubuh tidak dehidrasi. Tapi jangan berlebihan juga karena ginjal tidak boleh berkerja terlalu berat.
  3. Hindari konsumsi garam yang terlalu besar karena bisa berakibat kerusakan ginjal. Saat anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam yang besar maka ginjal akan berjuang keras untuk membuang ekses garam itu. Bila ini terjadi, maka ginjal akan bekerja terlalu keras hingga menurun fungsinya, maka terjadilah retensi air. Bila terjadi retensi air maka tekanan darah bisa naik dan penyakit ginjal bisa terjadi.
  4. Hindari konsumsi obat pereda nyeri yang terlalu berlebihan karena bisa mengakibatkan rusaknya ginjal. Studi ilmiah mengungkapkan bahwa obat analgesic membuat fungsi ginjal menurun drastic karena pasokan darah ke ginjal berkurang. Bila anda mengkonsumsi obat analgesic dalam jangka waktu yang sangat panjang, maka beresiko terjadi gagal ginjal kronis dan gagal ginjal akut yang juga disebut dengan nefritis interstitial kronis.

Oleh karena itulah anda harus berupaya untuk sehatkan ginjal karena ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting fungsinya. Hiduplah dengan pola yang sehat agar anda terhindar dari kemungkinan gagal ginjal. Semoga bermanfaat.