Rambut Anda Sekarang Rontok? Mungkin Ini Penyebab Kerontokan Rambut Anda

Tidak ada seorang wanita pun yang ingin rambutnya rontok. Kerontokan rambut disebabkan oleh berbagai kondisi yang dihadapi seorang wanita. Faktor usia bisa jadi penyebab rontoknya rambut, gaya hidup dan aktivitas sehari-hari juga memberi sumbangan yang tidak sedikit pada rusaknya rambut. Saat rambut rontok, rambut kehilangan kelembabannya dan lebih kering sehingga mudah patah. Berikut adalah beberapa penyebab rambut rontok, cek yah siapa tahu diantaranya ada yang sedang anda alami.

kerontokan rambut

Rambut kekurangan nutrisi

Agar helai rambut memiliki performa yang kuat, rambut memerlukan nutrisi yang memadai untuk pertumbuhannya. Rambut memerlukan Zat Besi dan Vitamin B12 yang cukup. Nah bila anda tidak memenuhi kebutuhan tubuh akan kedua zat penting ini maka rambut tidak akan terjaga kekuatannya dan menjadi rontok.

Untuk mengatasi hal ini anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi dan vitamin B12. Anda bisa mendapat kedua zat ini dari makanan seperti daging sapi, salmon, kerang, tuna dan kepiting. Untuk zat besi, anda bisa mengandalan kentang dan bayam.

Konsumsilah suplemen tertentu

Ada kalanya zat tertentu tidak diproduksi secara alami di dalam tubuh manusia hingga jika tubuh memerlukannya untuk metabolisme harian maka anda diharuskan mengkonsumsi suplemen. Tapi berhati-hati yah, anda hanya harus mengkonsumsi suplemen penguat rambut saja dan jangan membiasakan konsumsi suplemen di luar kebutuhan karena justru berdamak pada rontoknya rambut hingga tingkat lebih parah.

Jangan menguncir rambut terlalu sering

Kalau anda sering mengotak-atik gaya rambut dan menggunakan berbagai aksesoris maka bisa juga menyebabkan kerontokan rambut. Penggunaan aksesoris yang terlalu sering dan memberi beban pada rambut membuat folikel rambut menjadi lemah dan mudah rontok.

Kurangi pemakaian hair dryer

Mungkin anda berpikir bahwa menggunakan hair dryer anda bisa mengobah gaya rambut dengan mudah. Misalnya saja anda ingin mengeritingkan rambut, mengubah tata rambut menjadi agak kusut sedikit tapi stylish maka diperbolehkan saja, yang tidak disarankan adalah bila penggunaan alat-alat tata rambut ini terlalu sering. Kalau terlalu sering justru membuat rambut hilang kelembaban dan akhirnya mudah patah.

Jangan gunakan handuk katun untuk mengeringkan rambut

Kalau selama ini anda menggunakan handuk katun saat mengeringkan rambut, maka mulai hari ini anda harus mempertimbangkan kembali penggunaannya. Telah diketahui bahwa handuk katun saat digunakan memicu gesekan antara helai rambut dengan kulit kepala sehingga membuat rambut rontok karena tertarik. Pilihlah handuk dengan jenis microfiber yang kemampuannya dalam menyerap air jauh lebih sempurna.

Bagaimana sahabat, kalau kerontokan rambut anda dipicu oleh hal-hal di atas maka anda harus mengupayakan solusi seperti yang kami rekomendasikan di atas. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda menghindari kebotakan.