Kelolalah Uang Anda dengan Tips Mengelola keuangan Untuk Tahun 2016

tips mengelola keuangan

Di tahun 2016 nanti semua komoditas sehari-hari pasti mengalami kenaikan dan anda memerlukan pengaturan keuangan sehingga dana yang anda miliki bisa dikelola dengan baik. Pengetahuan tentang Tips Mengelola keuangan dari para ahli pasti akan membantu anda. Tapi bila saran-saran itu sudah anda pahami dan dijalankan, apakah dengan itu keadaan keuangan menjadi lebih baik lagi?

Jawabannya tidak, pengetahuan keuangan yang anda peroleh tidak akan memberi efek apapun jika tidak anda praktekkan. Seperti yang kami kutip dari gobankingrates.com, bahwa para ahli keuangan membagi beberapa tips keuangan sebagai berikut :

1. Anda harus proaktif terkait masalah uang

Sebagai seorang spesialis keuangan pribadi yang namanya cukup diperhitungkan, Dave Ramsey mengatakan bahwa di tahun 2016 nanti anda harus tahu uang yang anda miliki akan anda gunakan untuk apa. Buatlah anggaran belanja anda secara rinci, kurangi utang dan tabung lebih banyak uang. Pokoknya jadilah orang yang prokaktif dengan uang yang anda miliki.

2. Cintai pekerjaan anda

Clark Howard yang telah membantu jutaan orang menabung sebagian dari penghasilan mereka, dan seorang penulis sukses dengan 10 buku mengatakan bahwa di tahun 2016 anda harus lebih mencintai pekerjaan yang anda jalani.

3. Menabung Demi Masa Depan

Whitney Johnson seorang analis pasar, penulis buku, dan innovator ulung menyampaikan Tips Mengelola Keuangan untuk tahun 2016 nanti orang harus lebih banyak menabung. Ia bahkan mengatakan bahwa berapapun sisa uang yang mungkin anda miliki tahun depan, anda harus lebih sering menabungkannya.

4. Buatlah Perencanaan Matang

Agar masa depan anda lebih cemerlang, buatlah perencanaan sebaik mungkin untuk tahun depan. Hal ini dikemukakan oleh Chris Hogan yang banyak membantu masyarakat Amerika merencanakan masa depan mereka.

Menurut beliau, untuk tahun depan, orang harus tahu tujuan penggunaan uang dan bagaimana tujuan tersebut dapat diwujudkan. Hal ini tidak begitu rumit namun anda harus membuat rencana tersendiri untuk tahun depan.

5. Gaya Hidup Harus Dirubah

Tokoh ini adalah seorang pembaharu di bidang keuangan pribadi. Ia menyarankan agar lebih banyak orang menciptakan pekerjaan sendiri untuk bisa menikmati gaya hidup. Menurut John Felber, di tahun 2016 nanti anda harus tahu bagaimana anda bisa menghasilkan uang dan berhenti memboroskan uang dengan berbelanja hal-hal yang tidak diperlukan.

Bagaimana tips mengelola keuangan di atas cukup mumpuni bukan? Kini tinggal anda putuskan sendiri tips yang mana yang akan anda jalankan. Yuk kita hidup hemat agar keuangan anda di tahun 2016 bisa lebih efisien dan efektif.