Acara Bersih-Bersih di kali, Semua Warga Ikut Bergabung

Pemukiman di wilayah Perumahan Harapan Baru kini sedang gencar melakukan Acara bersih-bersih di kali sebagai antisipasi atas datangnya musim hujan yang belakangan lebat mengguyur Kota Bekasi. Seperti yang terjadi di wilayah ini, semua warga terutama laki-laki turun ke kali untuk membersihkan sampah dan membebaskan kali dari air yang mampat.

sungai mampat dan kotor

Acara bersih-bersih di kali ini digalakkan oleh BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat), LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) dan forum RW di keluraan Kota Baru. Kegiatan dilakukan dengan menyingkirkan sampah di sekitar jembatan rambutan yang aliran airnya mampat karena banyaknya sampah.

Menurut Mulyanto, Sekretaris forum RW Kelurahan Kota Baru, mampatnya saluran air di jembatan rambutan ini dikarenakan oleh volume sampah yang terus membludak dan tidak mendapat penanganan segera.

“Sampah yang menggunung di kali ini merupakan bawaan dari hulu, yang lebih parah, sungai semakin mampat karena adanya pipa saluran dari PT. Telkom yang ada di jembatan Rambutan,” Kata Mulyanto.

Diakuinya bahwa “kegiatan bersih-bersih di kali ini sekalipun masih dilakukan secara manual dengan tenaga masyarakat, tetapi diharapkan menjadi masukan yang berarti dan diperhatikan oleh semua pihak yang berwenang di Kota Bekasi. Ini karena peran dari dinas kebersihan kota belum maksimal,” tambah Mulyanto.

“Masyarakat yang tinggal di perumahan Harapan Baru 1, Kelurahan Kota Baru Kecamatan Bekasi sangat mengharapkan bahwa pihak PT. Telkom beritikad baik untuk sesegera mungkin memindahkan semua instalasi pipa di bawah jembatan rambutan dan kami dengan sangat memohon kepada pemerintah kota Bekasi untuk lebih concern dengan semua persoalan yang terjadi pada masyarakat di Kota Bekasi,” Tutup Mulyanto.

So bagi anda yang tidak ingin wilayahnya digenangi banjir, Acara Bersih-Bersih di kali ini bisa menjadi contoh kegiatan positif yang melibatkan peran serta seluruh masyarakat. Semoga menjadi inspirasi bagi kita semua.